Resep Sederhana : Bakwan Tempe Udang

Resep Sederhana : Bakwan Tempe Udang

70 / 100 SEO Score

Halo Sahabat PKK!

       Bagi yang sedang bosen sama tempe goreng di rumah, sahabat PKK bisa coba resep Bakwan Tempe Udang ini. Kemarin sempet iseng-iseng coba, gimana kalau tempe dihaluskan, rasanya akan jadi seperti apa? Pas awal, saya pikir akan aneh, tapi ternyata enak markenak. Yang biasanya kalo tempe dibumbuin cuma meresap di luar, bakwan tempe ini justru meresap sampe ke dalem, lho, sahabat PKK…

       Secara tekstur, dia memang cukup berbeda dengan bakwan pada umumnya. Kalo bakwan biasanya kan krenyes di luar, tapi kenyal di dalam karena dia pakai campuran tepung (kalo pas lagi panas sih). Nah, kalo bakwan tempe ini dia lembut-lembut tapi masih ada chunky-nya. Agak susah menjelaskannya, hehe, yang pasti kelembutannya di bawah tahu, tapi juga ga berbiji seperti tempe yang belum dihaluskan. Yah, begitulah yang bisa saya jelaskan sedikit tentang resep kita kali ini.

       Tenang saja, untuk pembuatannya sederhana banget, bumbunya juga ga muluk-muluk. Selain sederhana, kita bisa dapet asupan 2 sumber protein dalam 1 masakan. Mantap ga tuh? Monggo bisa langsung disimak, selamat mencoba!

= Penyajian untuk 4 orang =

Bahan :

  1. 1 papan / bungkus tempe (dipotong dadu kecil-kecil, untuk kemudahan penghalusan)
  2. 2 ½ sdm Tepung terigu / tepung instan crispy
  3. 1 buah telur
  4. 1 sdm air
  5. 1 siung bawang putih (bisa ditambah sesuai selera)
  6. 1,25 ons udang (diutuhkan, bisa dibuang kulit dan kepalanya sesuai selera)
  7. Daun bawang (dipotong-potong kecil)
  8. Lada putih secukupnya
  9. Garam secukupnya (kalo saya sekitar 1¼ sdt, cuman kalo sudah pakai tepung instan sebaiknya jangan terlalu banyak)
  10. Gula secukupnya (idem gula)
  11. Bubuk kaldu jamur secukupnya (untuk ini saya sekitar ½ sdt)  

Cara pembuatan :

1. Masukkan potongan tempe, bawang putih, tepung, telur, air, garam, gula, dan bubuk kaldu jamur ke dalam blender.

Bakwan Tempe Udang

Kalo sahabat PKK ga ada blender, bisa diulek, tapi cukup tempenya saja. Meskipun kemungkinan besar ga akan sehalus ketika diblender, setidaknya nanti bisa bantu menghaluskan. Setelah itu campurkan dengan bahan-bahan lain selain udang.

2. Mulai haluskan adonan, sehingga nanti akan jadi seperti gambar di bawah.

Bakwan Tempe Udang

3. Untuk proses selanjutnya, campurkan adonan dengan daun bawang yang sudah dipotong. Setelah itu, bisa jadi pilihan untuk sahabat PKK. Apakah ingin udangnya langsung dicampur saja ke adonan, atau dipisah, sehingga nanti baru ditambahkan ketika adonan masuk ke penggorengan, supaya lebih cantik hasilnya. Karena saya aliran yang penting bergizi (hehe), jadi saya campur seperti ini.

Bakwan Tempe Udang

4. Barulah mulai kita goreng adonannya di wajan. Sebelum digoreng, kalo ingin memastikan lagi apakah rasanya sudah pas atau belum, biasanya saya coba sedikit adonannya.

Bakwan Tempe Udang

5. Setelah digoreng, jadinya seperti ini, sahabat PKK. Semoga gambarnya masih bisa bikin ngiler meskipun simpel bin simpel ya hehehe…

Bakwan Tempe Udang

       Nah, itu tadi proses pembuatan bakwan tempe udangnya. Gimana, sahabat PKK? Jadi kepingin coba? Ditunggu hasilnya di komen bawah ya.. Salam keluarga cerdas dan sehat!  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *